Selasa, 10 Maret 2015

Lebih dalam lagi tentang kihajar

Kihajar (Kita Harus Belajar) merupakan suatu kegiatan (event) terpadu, terdiri dari tiga rangkaian kegiatan yang saling sinergi dan trkait satu sama lain. Rangkaian kegiatan tersebut dikategorikan ke dalam tiga kegiatan besar yaitu anugerah, seminar dan pameran. Secara umum konsep Kihajar dapat digambarkan sebagai berikut:



1.  Kuis Kihajar
Kuis Kihajar merupakan kompetisi yang dilaksanakan dalam bentuk soal kuis ditujukan kepada para siswa SD, SMP, SMA sederajat melalui siaran TV Edukasi dan Web Kihajar. Kuis Kihajar dilaksanakan dalam rangka menyosialisasikan pemanfaatan siaran Televisi Edukasi, Radio Suara Edukasi, Streaming dan Video on Demand.
2.  Seminar
Seminar merupakan forum berbagi pengetahuan, pengalaman, model/contoh penerapan terbaik dan atau temuan terkini terkait dengan pendayagunaan TIK untuk kepentingan pendidikan yang disampaikan oleh baik pakar, akademisi, maupun praktisi dalam bidangnya masing-masing.
3.  Pameran
Pameran merupakan ajang untuk mempertunjukkan hasil penelitian, pengembangan, maupun praktek terbaik terkait dengan pendayagunaan TIK untuk pendidikan yang disampaikan oleh individu maupun kelompok (lembaga).
4.  Lomba TIK Pendidikan
Lomba TIK Pendidikan merupakan ajang kompetisi untuk menunjukkan hasil karya dalam pengembangan media pembelajaran yang disampaikan dalam format: video, audio, animasi, dan multimedia. Sasaran lomba ini adalah guru dan siswa pada semua jenjang dan jenis pendidikan.
5.  Penganugerahan Kihajar
Penganugerahan Kihajar merupakan pemberian penghargaan kepada kepala daerah (Gubernur dan Bupati/Walikota) atas kepedulian terhadap pengembangan TIK untuk pendidikan di wilayah masing-masing.

Tujuan
Secara umum tujuan “Kihajar” adalah untuk menumbuhkan budaya pengembangan dan pendayagunaan TIK dalam pembelajaran serta menumbuhkan budaya belajar dan berkompetisi untuk meraih pendidikan yang maksimal.

Secara khusus, “Kihajar” bertujuan untuk:
       Memberikan penghargaan kepada masyarakat, pemerintah daerah, dan praktisi pendidikan yang telah berpartisipasi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan/pelatihan melalui pendayagunaan TIK.
       Mendorong pengembangan kebijakan yang berpihak pada pendayagunaan TIK untuk pendidikan.
       Meningkatkan peran serta pemerintah, masyarakat dan praktisi pendayagunaan TIK untuk pendidikan.
       Menumbuhkan kemandirian bangsa dalam mengembangkan dan memanfaatkan TIK untuk pendidikan.
             Menumbuhkan budaya pendayagunaan TIK dalam pendidikan.
       Menumbuhkan individu-individu inovatif dan kreatif dalam pengembangan potensi TIK di kalangan siswa.
       Mengembangkan potensi siswa menjadi pribadi yang terampil, kreatif dan berdaya saing tinggi.
       Memperkaya referensi bahan belajar berbasis TIK untuk menunjang peningkatan kualitas pendidikan Indonesia.


Penyelenggara

“Kihajar” diselenggarakan secara regular setiap tahun sekali oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan mitra lain yang terkait. 


0 comments:

Posting Komentar